Pengertian dan Sejarah Layanan Blogger

Posted by Admin on Thursday 15 January 2015

BlogNuo - Pengertian dan Sejarah Blogger
Artikel kali ini adalah membahas tentang pengertian dan sejarah layanan blogger, mungkin untuk kalian yang ingin sekedar mencari informasi tentang layanan Blogger simak artikel ini lebih lanjut.

Pengertian Blogger.

Blogger adalah cms atau platform yang di khususkan untuk membuat blog, layanan ini bersifat gratis tanpa adanya biaya penyewaan hosting, dan pengguna blogger dapat menggunakan nama domain sebelum domain blogspot.com namun kita dapat menggantinya dengan domain yang kita inginkan dengan menggunakan fitur costum url, bisa dikatakan layanan blogger ini gratis sepenuhnya. saat ini blogger di miliki dan di kelola oleh Google.

Sejarah Blogger

Sebelum di akusisi oleh Google, Blogger di buat oleh perusahaan Pyra Lab pada tanggal 23 Agustus 1999, pada saat itu blogger adalah satu-satunya cms yang menggunakan tampilan blog namun pada tahun 2003 Google mengambil alih perusahaan Pyra Lab dan otomatis layanan Blogger sepenuhnya di miliki oleh google, semenjak layanan blogger di miliki oleh google, fitur yang awalnya premium atau berbayar di ubah menjadi gratis setelah di akusisi oleh google, bukan hanya itu saja google telah menambahkan fitur-fitur baru dan perbaikan pada layanan ini, dan pada tahun 2004 google membeli sebuah layanan penyimpanan gambar Picasa, kemudian Picasa di integrasikan pada Blogger, agar gambar yang tersimpan di blogger otomatis tersimpan di Picasa.

Pada tahun 2006 Google merilis Blogger dalam versi terbarunya, dalam versi terbaru ini google mendesain ulang layanan Blogger dan juga memindahkan server blogger ke server google, karena server google memiliki layanan yang lebih baik sehingga pada versi yang terbarunya ini Layanan Blogger lebih cepat untuk di akses dan mudah untuk di gunakan, dalam versi terbarunya ini google menambahkan fitur baru seperti penggunaan label, pengaturan layout template, penggunaan feed, dan izin siapa saja yang dapat mengakses blog milik kita. dan pada versi terbarunya ini layanan Blogger memilik sifat yang dinamis sehingga kita tidak perlu repot-repot menulis ulang file html.

Pada tahun 2009 tepatnya pada hari ulang tahun Google, Google menambahkan fitur-fitur baru untuk layanan Blogger di antaranya adalah tampilan baru untuk menulis artikel, perbaikan dan penyempurnaan untuk layanan gambar. di lanjut pada tahun 2010 google memberikan fitur baru, namun fitur-fitur baru ini yang berubah hanya pada tampilannya yaitu mengenalkan template baru dan mendesain ulang layanan blogger.

Pada tahun 2013 Google kembali melakukan penambahan fitur baru dan mendesain tampilan untuk layanan blogger, fitur-fitur baru tersebut adalah penambahan layanan Google Adsense di layanan Blogger, sehingga pemilik blog dapat mendapatkan penghasilan dari blog, Google juga menambahkan layanan Google + untuk komentar, dan penambahan template mobile sehingga lebih responsive.

Nah tadi adalah pengertian dan sejarah layanan blogger, hingga saat ini layanan blogger masih banyak di gunakan untuk sekedar berbagi ilmu atau pengalaman di dunia maya atau menjadikannya sebagai ladang penghasilan, seperti saya ini menggunakan platform blogger untuk pembuatan blog ini. Terima Kasih telah berkunjung :).

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment